Sunday 22 March 2015

Kebaikan Dapat Menghapus Dosa Kejahatan


Para pembaca sekalian kali ini saya akan share seputar wawasan atau ilmu agama untuk mempertebal iman islam kita. Saya beri judul postingan kali ini dengan judul Kebaikan Dapat Menghapus Dosa Kejahatan”


M
anusia adalah makhluk yang da’if yang tidak pernah luput dari dosa namun bukan berarti kita berputus asa dari rahmat Allah. Allah maha pengampun, selagi hambanya memohon ampun padaNYa maka Allah akan mengampuninya. Jika kita pernah melakukan perbuatan dosa maka iringilah dengan perbuatan baik atau amal sholeh. Sabda Nabi S.A.W yang diriwayatkan oleh Turmidzi yang berbunyi “Bertaqwalah kamu kepada Allah di mana saja kamu berada dan susullah atau iringilah perbuatan dosa dengan kebaikan dan bergaullah sesama kalian dengan akhlak yang mulia”.
Berkaitan dengan judul di atas, dari hadits Nabi S.A.W yang diriwayatkan oleh Turmidzi ada hal yang menarik yang perlu diperhatikan yaitu susullah atau iringilah perbuatan dosa dengan kebaikan yang mana maknanya bahwa kebaikan yang dilakukan oleh seseorang dapat menghapuskan  dosa seseorang. Salah satu kebaikan atau amal sholeh yang dapat menghapus dosa adalah “Sholat”.
Sholat wajib lima waktu yang kita lakukan setiap hari dapat menghapus dosa kita jika sholat itu kita lakukan dengan sempurna. Sholat yang sempurna ialah sholat yang dikerjakan di awal waktu, di mesjid dan dilakukan secara berjama’ah. Jika sholat kita sempurna maka dosa antara dua waktu sholat akan diampuni oleh Allah S.W.T. Selain sholat lima waktu sholat jum’at juga dapat menghapus dosa antara dua waktu sholat jum’at. Kebaikan atau amal sholeh yang lain adalah puasa ramadhan, puasa ramadhan juga dapat menghapuskan dosa seseorang jika puasanya dilakukan dengan sempurna. Puasa ramadhan akan sempurna apabila dalam melaksanakannya kita penuhi rukun dan syaratnya sehinga kita kembali dalam keadaan fitrah atau kesucian, bersih dari dosa seperti layaknya seorang anak bayi yang baru dilahirkan oleh ibunya.
Para pembaca sekalian apa yang disampaikan di atas bukan berarti kita sengaja melakukan perbuatan dosa lalu kita imbangi dengan perbuatan baik. Namun, kita tetap harus berusaha semaksimal mungkin untuk tidak melakukan perbuatan dosa yang di larang oleh Allah S.W.T agar kita selamat dikehidupan akhirat nanti. Amin Ya Rabbal ‘Alamin……………….
Pembaca sekalian inilah yang bisa saya share untuk kali ini semoga bermanfaat dan menambah keimanan kita dan menambah wawasan atau ilmu keagmaan kita. Jika ada kesalahan dalam penulisan atau penyampaian materi dalam tulisan ini mohon kiranya untuk memberikan komentar dan saling nasehat-menasehati dalam kebenaran kerena penulis juga manusia biasa yang tak luput dari kesalahan.

No comments:

Post a Comment