Sunday 29 March 2015

Kang tata : "Nasehat Imam Hasan Al Banna Untuk Seorang Muslim"




Salah satu yang harus kita lakukan untuk mendidik pribadi kita menjadi seorang muslim yang ideal adalah Membenarkan Aqidah kita atau menjaga dengan segala upaya agar aqidah kita tetap lurus. Menjaga agar aqidah tetap lurus bagi seorang muslim merupakan sarana untuk menjalin hubungan dengan Allah S.W.T (taqorrub illallah). Bagi setiap muslim melakukan suatu amalan harus ikhlas karena Allah dan selalu ingat dengan hari akhir. Imam Hasan Al Banna memberikan nasehat tentang hal-hal yang bisa menjaga aqidah agar tetap lurus yaitu :
  •  Membiasakan diri untuk selalu berzikir kepada Allah pagi dan petang seperti       do’a-do’a  dan ayat-ayat Alqur’an yang sering diamalkan oleh Nabi Muhammad S.A.W yang ada dalam Al Mattsurat.
  •  Menjaga waktu sholat. Agar waktu sholat terjaga lakukanlah sholat di awal waktu dengan cara menyempatkan diri untuk selalu sholat berjama’ah di mesjid.
  • Menunaikan haji bila mampu. Menunaikan haji sebenarnya bukan hanya sekedar perkara biaya namun Allah ridho atau tidak dan kesungguhan niat hati seseorang. Karena ada orang yang memiliki biaya tapi enggan untuk menunaikan ibadah haji dengan alasan belum siap, masih sering malakukan maksiat dan masih banyak lagi alasan-alasan yang lain.
  • Selalu memperbaiki tobat. Manusia adalah makhluk yang tidak pernah luput dari kesalahan maka sudah selayaknyalah kita bertobat kepada Allah atas segala kesalahan kita dan berusaha untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama.
  • Menjaga dari hal-hal yang subhat. Halal dan haram sudah jelas namun untuk perkara yang subhat kita juga harus  meninggalkannya karena hal-hal yang subhat sifatnya meragukan jadi lebih baik ditinggalkan.
  • Memiliki semangat untuk berjuang membela agama Allah. Ketika kesucian agama islam ini dinodai kita harus berjuang dan membela agama ini agar islam tetap tegak di bumi Allah ini.
  • Mengendalikan hawa nafsu. Berbeda dengan makhluk Allah yang lain, manusia di beri kelebihan berupa nafsu. Nafsu tidak selamanya buruk namun kita harus bisa mengendalikan nafsu tersebut agar sesuai dengan kehendak Allah.

No comments:

Post a Comment